ads/auto.txt Cara Merubah Kuota 4G Menjadi 3G | Tips dan Trik Menarik Seputar Gadget

Cara Merubah Kuota 4G Menjadi 3G

Cara Merubah Kuota 4G Menjadi 3G
Cara Merubah Kuota 4G Menjadi 3G
Tidak dapat dipungkiri bahwa kutoa 4G adalah layanan data internet yang murah jika dibandingkan dengan kuota 3G. Ini karena kuota 4G memiliki jangkauan terbatas untuk setiap perangkat dan masih dalam waktu promo dari sebagian besar provider telekomunikasi. Tidak heran mengapa banyak sekali orang mulai beralih menggunakan perangkat yang mendukung 4G untuk mendapatkan kuota internet yang murah.

Sayangnya tidak semua pengguna memiliki atau mampu membeli perangkat smartphone baru, terlebih bagi mereka yang baru saja membeli smartphone. Untungnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kuota 4G menjadi 3G untuk semua jaringan provider atau operator, termasuk telkomsel, three, indosat, maupun xl.

Mengubah Pengaturan Jaringan

Pada setiap perangkat smartphone itu memiliki pengaturan bawaan yang berfungsi untuk menerima jaringan yang didistribusikan daro jangkauan bts operator.
Pada kebanyakan smartphone, itu memiliki pengaturan bawaan yang bisa diubah kapanpun melalui menu setelan. Jadi cukup arahkan ke menu berikut ini:

  • Settings -> Wireless & Network -> More -> Pilih "WCDMA Preffered/WCDMA Only".

kamu mungkin sebaiknya melakukan refresh atau melakukan reboot untuk menerapkan pengaturan jaringan sepenuhnya.

Jika cara diatas tidak bisa kamu lakukan, maka ada cara alternatif yang bisa kamu lakukan. Cara ini melalui panggilan dial untuk perangkat untuk mengubah melalui setelan tersebunyi perangkat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan panggilan ke nomor berikut:

  • *#*#4636#*#*

Namun pastikan, sim card yang dituju telah kamu masukan sebelumnya di smartphone kamu. Setelah itu lakukan panggilan dan sebuah jendela popup menu akan muncul, kamu cukup memilih informasi telepon yang muncul. Kemudian pilih menu "4G LTE Only".
Sama halnya seperti penerapan sebelumnya, kamu mungkin perlu melakukan reboot untuk menerapkan fungsi sepenuhnya.

Cara Alternatif Mengubah Kuota 4G Menjadi 3G

Selain kode tersembunyi yang dijelaskan diatas, ada beberapa kode panggilan lain yang bisa kamu terapkan. Yaitu melalui panggilan ke nomor berikut:

  • *#0011#

Kemudian lakukan panggilan seperti biasanya. Kemudian masuk ke Mode Service dan pilih Key Input. Saat memasukan key input, ketikkan huruf Q kapital, kemudian pilih Back. Lalu kembali masukan Key Input. Cukup memasukan nilai key input 0000.

Setelah itu, melalui menu jaringan pilih "CDMA" dan beberapa saat jaringan kamu akan melakukan refresh ke mode 4G. Namun sayangya tidak semua perangkat didukung oleh penerapan ini. Jadi apabila perangkat kamu adalah salah satu yang tidak mendukung penerapan diatas, maka alternatif paling jitu yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan modem mifi yang mendukung jaringan 4G untuk didistribusikan ke smartphone atau perangkat 3G kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kuota 4G menjadi 3G untuk semua perangkat smartphone dengan mudah. Termasuk untuk semua operator seperti telkomsel, three, indosat, xl, ataupun smartfren.

4 Responses to "Cara Merubah Kuota 4G Menjadi 3G"