ads/auto.txt Cara Format HP Samsung | Tips dan Trik Menarik Seputar Gadget

Cara Format HP Samsung

Cara Format HP Samsung
Cara Format HP Samsung
Samsung merupakan salah satu produsen perangkat smartphone dan tablet serta beberapa perangkat elektronik terbesar kedua di dunia yang telah merilis beberapa smartphoe dan tablet Android ternama seperti Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8.

Smartphone buatan Samsung biasa diciptakan dengan spesifikasi dan perfoma yang baik. Ini karena umumnya smartphone Samsung itu sebagian besar dirilis untuk pengguna Hind-End atau menengah ke atas sehingga perfoma akan sangat diperhatikan oleh perusahaan ini.

Namun secanggih dan sebaik apa perfoma atau kinerja smartphona, itu tidak bisa lepas dari berbagai masalah. Misalnya masalah software ataupun kesalahan non-teknis dari perangkat itu sendiri. Masalah atau gangguan ini biasanya seperti lagging, melambat, atau parahnya bootloop.

Bagi kasus bootloop, pengguna smartphone biasanya akan melakukan flashing. Namun beberapa kasus kamu tidak perlu melakukan flashing untuk situasi tertentu. Jika kamu mengalami masalah bootloop seperti ini, ada baiknya kamu mencoba melakukan format atau reset (wipe) smartphone Samsung kamu. Caranya seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Cara Format HP Samsung Melalui Menu Setelan

Melakukan format hp adalah proses atau langkah yang sangat mengancam kehilangan data-data dan masalah lainnya. Maka dari itu, sebelum melakukan proses format, ada baiknya kamu memerhatikan beberapa poin penting dibawah ini:

  • Mencandangkan (backup) semua data di smartphone
  • Sisa baterai minimal 70% sebelum melakukan format. Ini untuk mengantisipasi bootloop atau gagal proses.
  • Perangkat Samsung kamu tidak memiliki masalah hardware atau bagian mesin seperti IC EMMC. Sebab ini mengakibatkan bootloop

Setelah kamu yakin bahwa semua poin-poin syarat diatas sudah terpenuhi. Maka selanjutnya ikuti langkah dibawah ini:

  1. Arahkan ke “Settings/Setelan”.
  2. 2Pilih “Backup & Reset” atau “Cadangkan & Reset Pabrik”
  3. Gulir layar sampai kebawah dimana kamu akan menemukan pilihan “Factory data reset” , pilih menu ini.
  4. Pilih “Reset Device”
  5. Sebuah popup pesan konfirmasi mungkin akan muncul, tekan saja “Yes” jika kamu benar-benar ingin mem-format hp Samsung kamu.

Cara Format HP Samsung Melalui Mode Recovery

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin ingin memformat hp Samsung kamu karena lupa password, pola atau fingerprint dari hp Samsung kamu. Sehingga itu membuat kamu tidak dapat menggunakan smartphone mu.

Pada kasus ini, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakuk wipe atau format melalui mode recovery atau custom recovery/pemulihan. Sebagian besar perangkat android sudah memiliki fungsi ini, jadi kamu cukup masuk ke mode melalui tombol fisik tertentu seperti pada langkah dibawah ini:

  1. Nonaktifkan hp Samsung Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol “Volume Atas” + “Power” secara bersamaan hingga muncul logo Samsung.
  3. Setelah masuk ke mode recovery, cukup arahkan ke menu pilihan “Wipe Data/Factory Reset” menggunakan tombol fisik volume atas atau bawah dan tombol power untuk memilih.
  4. Cukup tekan “Yes” saat pesan konfirmasi muncul
  5. Smartphone kamu mungkin akan melakukan reboot otomatis. Jika tidak tekan tombol “Reboot Now” dari menu yang tampil di layar.

Cara Format HP Samsung Melalui PC Komputer

Selain kedua cara diatas, kamu bisa menggunakan komputer atau laptop untuk memformat hp Samsung kamu. Caranya dengan menggunakan program atau software yang harus kamu download dan install terlebih dahulu di komputer kamu.
Salah satu program yang memungkinkan kamu dapat melakukan format adalah software yang disebut dengan dr.fone toolkit - Android Data Eraser. Program ini tersedia secara gratis dan juga memiliki fitur untuk backup, sehingga kamu bisa mencangkan data penting di smartphone kamu sebelum melakukan format.

  1. Download dan install program dr.fone melalui link berikut: https://drfone.wondershare.com
  2. Buka program dr.fone toolkit - Android Data Eraser dari komputer kamu.
  3. Hubungkan smartphone Samsung kamu ke komputer menggunakan kabel data usb. Pastikan kamu telah mengaktifkan USB Debugging sebelum menghubungkan hp Samsung kamu.
  4. Dari jendela utama program dr.fone kamu akan melihat beberapa menu. Jika kamu ingin mencadangkan terlebih dahulu data-data yang tersimpan di hp Samsung kamu, maka pilih “Data Backup & Restore”.
  5. Setelah melakukan backup, alihkan kembali ke layar utama program dr.fone. Kemudian pilih “Data Eraser”.
  6. Selanjutnya pilih menu “Erase All Data”.
  7. Anda akan dialihkan ke layar konfirmasi. Ketik “delete” di kolom yang disediakan lalu pilih tombol “Erase Now”.
  8. Tunggu proses format hingga layar program menampilkan tulisan “Erase Completed”.

Itulah 3 metode berbeda yang dapat kamu lakukan untuk memformat hp Samsung kamu dengan mudah. Sebagian besar langkah atau metode diatas berfungsi di segala jenis perangkat smartphone dan tablet Samsung.

0 Response to "Cara Format HP Samsung"

Post a Comment