ads/auto.txt Cara Memperbaiki Batre HP Yang Cepat Habis | Tips dan Trik Menarik Seputar Gadget

Cara Memperbaiki Batre HP Yang Cepat Habis

Cara Memperbaiki Batre HP Yang Cepat Habis
Cara Memperbaiki Batre HP Yang Cepat Habis
Setiap tahunnya, smartphone semakin dibuat canggih dengan banyaknya penambahan fitur yang disediakan. Misalnya fitur yang paling umum seperti aplikasi pemutar music dan video, social media, internet browser, dan beberapa fitur sensor yang tertanam dalam smartphone.

Namun salah satu aspek yang balik terdampak dari kecanggihan sebuah smartphone adalah baterai. Smartphone yang memiliki segudang fitur dan kinerja yang lebih bisa menguras daya baterai jauh lebih cepat. Maka dari itu penting untuk kamu memerhatikan bagaimana konsumsi baterai bisa lebih tahan lama. Terlebih jika akhir-akhir ini hp kamu cepat menghabiskan batre.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan kapasitas daya baterai hp kamu jauh lebih lama. Berikut adalah 3 cara mudah yang bisa kamu lakukan ketika batre hp kamu cepat habis.

Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Ada beberapa aplikasi penghemat baterai atau istilahnya battery saver yang bisa kamu unduh melalui google play store atau app store secara gratis maupun berbayar. Semua aplikasi battery saver yang tersedia dari play store itu sebagian sebagian besar memiliki fungsi yang hampir sama yaitu meminimalkan kinerja aplikasi atau proses yang berjalan di latar belakang atau background hp.

Namun keuntungannya menggunakan aplikasi, ini bisa dijalankan secara otomatis. Sehingga kamu tidak perlu repot lagi hanya untuk mencari satu persatu pada aplikasi mana saja yang menggunakan proses lebih di latar belakang hp Anda.

Beberapa aplikasi yang memiliki cukup banyak penggunaan dan rating yang cukup baik adalah seperti berikut ini:

Aplikasi Android

  • DU Battery Saver
  • Avast Battery Saver
  • Battery Doctor (Battery Saver)

iOS/iPhone

  • Battery Saver - Manage battery life & Check system status
  • 360 Battery Saver

Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Hampir sebagian besar smartphone android memiliki fitur bawaan dari perangkat yang memungkinkan penggunaan dalam mode hemat baterai. Fitur ini sering kali diabaikan atau tidak diketahui oleh pengguna hp itu sendiri. Padahal dasarnya fitur ini memiliki fungsi yang cukup baik dan memberikan dampak yang cukup baik untuk menghemat atau meminimalkan konsumsi baterai.

Untuk mengaktifkan mode saver atau penghemat daya baterai ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengaktifkanya melalui setelan atau settings hp Anda. Lebih detailnya seperti langkah berikut:

  1. Arahkan ke “Setelan” atau “Settings”
  2. Pilih “Battery”.
  3. Pilih “Battery Saver” atau “Power Saver”.
  4. Centah pilihan “Enable” atau saklar aktivasi di menu ini.

Menyesuaikan Kecerahan Layar

Salah satu kelebihan layar AMOLED adalah Anda dapat mengoptimalkan warna lebih baik untuk menghemat daya tahan baterai. Namun sayanya layar Amoled hanya ada tersedia dibeberapa perangkat saja seperti Samsung dan beberapa smartphone lainnya.

Diluar itu, ada fitur yang secara fungsi cukup memudahkan kamu untuk mengatur kecerahan layar di smartphone seperti fitur “Auto Brightness” atau “Kecerahan Otomatis”. Fitur ini bisa diaktifkan langsung dari notifikasi bar di ponsel atau melalui setelan.

Namun terkadang fitur otomatis ini tidak berjalan sesuai, jadi perlu Anda perhatikan setiap kali smartphone Anda mengatur kecerahan yang terlalu berlebihan itu bisa membuat baterai hp cepat habis.

Memelihara Baterai

Beberapa pengguna hp itu sadar yang dimana mereka menerapkan system 10-90. Ini berarti mereka tidak akan mengisi daya baterai atau cas hp tidak saat baterai tersisa kurang dari 10% atau lebih dari 90%.

Penerapan diatas juga belum tentu memiliki pengaruh signifikan, sebab beberapa smartphone rilis menggunakan battery Li-ion yang memiliki system dan daya tahan yang lebih baik walaupun digunakan habis. Tapi setidaknya jika kesalahan itu terus dilakukan secara berkala dalam jangka waktu lama juga akan memengaruhi daya tahan baterai, sehingga baterai hp akan cepat habis dari biasanya.

Penutup

Itulah 3 cara paling mudah yang bisa kamu lakukan ketika HP kamu mulai terasa lebih cepat mengahabiskan baterai dari biasanya. Salah satu alternative lainnya yang bisa kamu lakukan ketika baterai hp kamu boros adalah dengan melakukan kalibrasi baterai.

0 Response to "Cara Memperbaiki Batre HP Yang Cepat Habis"

Post a Comment