ads/auto.txt Cara Menghemat Kuota Data Internet HP Android | Tips dan Trik Menarik Seputar Gadget

Cara Menghemat Kuota Data Internet HP Android

Cara Menghemat Kuota Data Internet HP Android
Cara Menghemat Kuota Data Internet HP Android
Kuota Data internasi merupakan salah satu fungsi atau kebutuhan yang paling sakral dari sebuah perangkat smartphone. Bagaimana tidak, tanpa kuota data dan jaringan wifi, smartphone akan mengurangi kesannya sebagai ponsel cerdas, mengingat bahwa smartphone memiliki sebagian besar fungsional dari lkamusan penggunaan jaringan internet.

Maka tidak heran mengapa smartphone bisa begitu ketergantungan dengan penggunaan jaringan internet. Nah untuk itu, kamu sebisa mungkin untuk menghemat pengguna kuota data di smartphone kamu agar tetap dapat menikmati perangkat kamu dengan nyaman. Nah berikut dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan kuota data internet di hp Android.

Menggunakan Jaringan WiFi

Terkadang di beberapa tempat publik, itu tersedia jaringan wifi yang bisa digunakan secara gratis. Maka dari itu manfaatkanlah dukungan jaringan wifi ini untuk menggunakan smartphone kamu. Ini perlu diperhatikan, sebab beberapa tempat publik, secara tidak kita sadari kita tidak mengetahui adanya jaringan wifi yang tersedia.

Maka dari itu cobalah untuk sesekali menjadi pemburu jaringan wifi garis keras untuk membuat smarpthone kamu lebih hemat dalam penggunaan kuota data.

Menonaktifkan Penggunaan Wifi Di Latar Belakang

Ada beberapa aplikasi yang akan menggunakan data internet disaat-saat tertentu, misalnya menggunakan data untuk akses informasi atau pembaharuan aplikasi. Ini biasanya terjadi pada aplikasi seperti Google maps, play store, onedrive, youtube, dan beberapa aplikasi bawaan lainnya.
Maka dari itu cobalah untuk meninjau satu persatu aplikasi yang memiliki fungsi penggunaan data di belakang latar. Caranya dengan membuka aplikasi dan mengarahkan ke menu "Settings".

Dari menu ini biasanya tersedia fungsi tombo untuk menggunakan jaringan hanya jika terhubung ke jaringan wifi. Jadi cukup pilihan ini untuk memungkinkan aplikasi tidak menggunakan data internet kamu. kamu juga bisa membuat aplikasi itu menjadi offline melalui settings agar aplikasi tidak berjalan dilatar belakang tanpa penggunaan langsung.

Rutin Meninjau Penggunaan dan Membatasi Penggunaan Data

Hampir semua smartphone memiliki fungsi untuk melihat statistik penggunaan kuota internet dari beberapa waktu belakangan, dari 24 jam hingga beberapa jam belakangan. Ini memungkinkan kamu mudah untuk meninjau aplikasi apa saja yang menggunakan data internet terlalu banyak. Sehingga kamu bisa melakukan intervesi untuk aplikasi yang kamu tuju.

Dari menu ini juga biasanya tersedia fungsi "Bandwidth". Fungi ini akan membatasi penggunaan data internet berdasarkan kecepatan akses dan jumlah pemakaian data internet di perangkat. Ini dapat kamu sesuaikan agar membantu kamu lebih bijak dalam menggunakan kuota internet.

Gunakan Data Saver/Reduce Data

Beberapa aplikasi seperti Chrome, youtube, atau aplikasi lainnya yang memang benar-benar membutuhkan banyak data internet. Itu memiliki fungsi minimalisir penggunaan kuota berlebih. Fungsi ini biasnaya bernama "Data Saver" atau "Reduce Data". Pada aplikasi youtube, kamu hanya perlu menurunka kualitas video yang ditampilkan menjadi 144p atau 240p agar data yang terkuras tidak begitu banyak.

Sedangkan pada aplikasi Chrome atau beberapa Web Browser lainnya, cukup arahkan ke "Settings", kemudian arahkan ke menu "Data Saver". Nah dari sini cukup mengaktifkan menu tersebut untuk lebih hemat dalam penggunaan data.

Itulah beberapa poin yang bisa dijelaskan untuk menghemat penggunaan data kuota internet di hp Android tanpa rooting dan tanpa aplikasi tambahan apapun. Jika ada yang kurang dalam artikel atau mungkin ada yang ingin ditanyakan mengenai penggunaan hemat data di hp android, maka silahkan berkomentar dibawah ini.

0 Response to "Cara Menghemat Kuota Data Internet HP Android"

Post a Comment