ads/auto.txt Cara Unroot HP Android Seperti Semula | Tips dan Trik Menarik Seputar Gadget

Cara Unroot HP Android Seperti Semula

Cara Unroot HP Android Seperti Semula
Cara Unroot HP Android Seperti Semula
Pada beberapa artikel sebelumnya telah dibahasa mengenai cara rooting dan beberapa aplikasi rooting hp Android yang bisa kamu gunakan untuk membuka akses ke system OS android kamu. Seringkali beberapa langkah rooting tidak berjalan mulus yang dimana mungkin memberikan dampak yang benar-benar tidak diinginkan oleh sang pemiliki perangkat.

Maka dari itu, tidak sedikit dari mereka yang mengurungkan niatnya untuk memulihkan perangkat mereka seperti semula tanpa root atau dalam istilahnya adalah unroot. Nah untuk unroot ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan. Jika kamu melakukan rooting menggunakan aplikasi rooting, maka kemungkinan, kamu hanya perlu uninstall aplikasi tersebut atau melakakan unroot melalui setelan dalam aplikasi. Namun lebih jelasnya akan diuraikan seperti langkah dibawah ini:

Metode 1: Unroot Secara Manual

Cara paling efektif untuk menghapus rooting adalah dengan mengakses folder root secara manual menggunakan aplikasi file explorer (root explorer/ES file explorer) yang bisa kamu download melalui google play store.

Untuk unroot, kamu hanya perlu membuka aplikasi file explorer kamu, setelah terbuka alihkan ke folder "/system/bin/".

Setelah berada di folder ini, kamu akan melihat file yang bernama "su". Nah kamu cukup menghapus file ini untuk melakukan unroot di perangkat Android kamu. Tidak cukup dari situ, kamu juga perlu mengakses folder "/system/app/", kemudian hapus file aplikasi rooting yang kamu gunakan, misalnya ketika kamu menggunakan aplikasi rooting superuser, maka cari superuser.apk lalu hapus filenya.

Di tahap akhir, kamu hanya perlu melakukan reboot/restart perangkat untuk benar-benar menerapkan fungsi unroot kamu.

Metode 2: Unroot Dari Aplikasi Rooting

Seperti yang dijelaskan pada paragraf pembuka sebelumnya, jika kamu melakukan rooting menggunakan aplikasi root. Maka kamu bisa melakukan unroot melalui aplikasi tersebut. Caranya cukup buka aplikasi root kamu, kemudian alihkan ke jendela "Settings". Na di jendela settings ini biasnaya akan menampilkan tombol "Unroot" atau "Full Unroot". kamu cukup menekan tombol ini dan ikuti tahapan layar yang diterangkan dilayar.

Sama seperti proses unroot lainnya, kamu harus melalukan reboot/restart perangkat untuk menerapkan file unroot di perangkat kamu.

Metode Alternatif : Flashing Rom Ulang

Cari yang benar-benar efektif dan terbukti ampuh untuk memulihkan fungsi rooting di hp Android adalah dengan melakukan flashing ulang firmware pada hp android yang dimiliki. Namun untuk langkah ini mungkin tidak disarankan, karena memiliki banyak resiko dan dampak yang bisa kamu alami, yaitu semua data akan terhapus. Walaupun mungkin kamu melakukan backup atau menckamungkan file, namun ini masih termasuk langkah yang begitu merepotkan.

Jadi cara ini adalah alternatif saja yang bisa kamu lakukan, jika sudah tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghapus root di hp Android yang kamu miliki. Cara flashing bisa kamu baca pada artikel lainnya disini

0 Response to "Cara Unroot HP Android Seperti Semula"

Post a Comment