ads/auto.txt Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android | Tips dan Trik Menarik Seputar Gadget

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android
Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android
Setiap orang mungkin memiliki privasi di barang pribadinya termasuk smartphone pribadi. Dimana mereka mungkin memiliki beberapa aplikasi penting yang tidak diharapkan untuk diakses orang lain yang tidak berwenang. Aplikasi ini biasanya berupa aplikasi penting yang menyangkut finansial. Seperti  aplikasi saham, bisnis, email, atau aplikasi manager lainnya.

Ketika aplikasi ini diakses oleh orang lain, tentu akan membuat pemilik merasa tidak nyaman dan khawatir akan adanya kesalahan penggunaan oleh seseorang yang mengaksesnya. Sebab dampak mungkin bisa sangat fatal jika terjadi kesalahan yang dilakukan. Tidak hanya itu aplikasi seperti pesan atau SMS juga tidak kalah pentingnya untuk beberapa orang. Maka dari itu salah alternatif yang umumnya dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan menyembunyikan atau mengunci aplikasi tersebut.

Namun artikel ini hanya akan menguraikan tentang  cara menyembunyikan aplikasi di HP Android, sedangkan untuk tutorial mengunci aplikasi akan dijelaskan pada artikel yang berbeda. Lebih detailnya mengenai langkah untuk menyembunyikan aplikasi, diuraikan sebagai berikut:

Cara Sembunyikan Aplikasi dan Game di HP Android

Ada beberapa metode berbeda yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi, metode pertama ini memanfaatkan fitur bawaan dari smartphone Adnroid. Sedangkan metode kedua, memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang harus kamu unduh terlebih dahulu. Lebih jelasnya seperti berikut:

Cara Menyembunyikan Aplikasi Dari Setelan Android

Setiap perangkat Android memiliki berbagai fungsi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak hal selain hanya menelfon dan mengirim pesan. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi yang menunjang aktivitas sehari-hari. Selain itu android secara bawaan memiliki fungsi yang mendukung penerapan di perangkat, salah satunya yakni menonaktifkan aplikasi yang tidak ingin digunakan.

Fungsi ini sebenarnya diterapkan pada aplikasi yang benar-benar tidak ingin kamu gunakan di Smartphone Android kamu untuk beberapa waktu yang tidak ditentukan. Namun fungsi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi yang kamu inginkan di hp Android kamu. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengakses fungsi ini dari setelan berikut ini:

  1. Buka menu "Settings".
  2. Alihkan ke menu "Applications".
  3. buka menu "Application Manager".
  4. Ketuk pilihan "All".
  5. Kemudian kamu akan melihat semua daftar aplikasi yang terinstall di hp kamu. Jadi Cukup memilih aplikasi yang kamu tuju.
  6. Kemudian pilih "Disable" di samping tombol "Uninstall" yang tersedia.

Penerapan ini mungkin akan menghapus data aplikasi, sehingga ketika kamu hendak menggunakan aplikasi kamu kembali. Maka kamu mungkin harus masuk kembali ke akun pengguna kamu, jika aplikasi itu membutuhkan koneksi internet/online.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Alternatif yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin kapan saja dapat mengakses aplikasi yang kamu sembunyikan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Launcher atau aplikasi kunci. Beberapa aplikasi pihak ketiga ini bisa kamu unduh melalui Google Play Store.

Salah satu aplikasi launcher yang memiliki fungsi penyembunyian aplikasi yang terinstall adalah Apex Launcher. Jadi cukup arahkan ke Google Play Store, kemudian telusuri aplikasi bernama "Apex Launcher" dan install di Hp kamu.

Setelah terinstall, kamu hanya perlu membuka aplikasi ini dan arahkan menu "Drawer Settings" -> "Hidden apps". Dari sini kamu bisa memilih aplikasi yang tidak kamu inginkan tampil di daftar menu aplikasi kamu.

Itulah dua metode mudah yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Android dengan sangat mudah dan cepat. Bahkan untuk menerapkan langkah ini, kamu tidak perlu melakukan rooting sama sekali. Jadi penerapan ini bisa kamu terapkan di hampir semua HP Android.

0 Response to "Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android"

Post a Comment