ads/auto.txt Cara Mengatasi HP Android Yang Lambat (Lagging) | Tips dan Trik Menarik Seputar Gadget

Cara Mengatasi HP Android Yang Lambat (Lagging)

Cara Mengatasi HP Android Yang Lambat (Lagging)
Setiap HP Android memiliki kelas spesifikasi yang berbeda-beda. Semuanya bervariasi yang umumnya dikelaskan dari segmen harga dan tujuan segmen pasar. Itulah mengapa kamu bisa biasanya akan menemukan istilah segmen pasar bawah, menengah, menengah atas untuk sebuah produk. Termasuk untuk HP atau smartphone.

Nah biasanya pada perangkat menengah bawah, itu menggunakan spesifikasi yang cukup atau istilahnya yang seadanya. Namun beberapa juga perangkat menggunakan spesfiikasi yang cukup, namun cenderung berimbas dari pemangkasan komponen lainnya. Semua memiliki konsekuensi masing-masing. Itulah mengapa memiliki HP Android yang sangat cepat dan sangat murah, itu terbilang sulit. Biaya produksi selalu berbanding lurus dengan hasil yang ditawarkan.

Namun tenang saja. Karena pada artikel kali ini akan dijelaskan secara detail mengenai bagaimana cara mengatasi HP Android yang melambat atau lagging untuk penggunaan aplikasi atau game tertentu. Biasanya ini dialami ketika kamu menggunakan perangkat kamu untuk bermain game berat atau mungkin menggunakan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu tanpa menutup beberapa yang sudah tidak digunakan lagi.

Umumnya mereka yang memiliki perangkat agak lambat, akan melakukan banyak langkah khusus untuk membuat perangkatnya lebih irit untuk menggunakan kapasitas RAM, dan Coockies. ini tentu berimbas pada meminimalkan menginstall aplikasi dan beberapa tindakan lainnya. Lebih jelasnya diuraikan dibawah ini.

Menghapus Aplikasi Lama

Seringkali beberapa pengguna yang acuh atau tidak mengerti dengan perangkat yang mereka gunakan. Cenderung mengabaikan aplikasi apapun yang sudah terinstall sejak bawaan perangkat atau aplikasi yang pernah mereka gunakan. Secara tidak langsung jumlah aplikasi yang diinstall namun tidak digunakan, itu membuat perangkat tidak efektif untuk melakukan kinerja. Ada beberapa langkah bisa kamu lakukan yaitu dengan mulai mencari aplikasi apa saja yang sudah tidak kamu gunakan di HP Android kamu, kemudian menghapusnya.

Mungkin ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus. Ini biasanya aplikasi system atau aplikasi bawaan pabrik hp yang kamu gunakan. Nah untungnya kamu tetap bisa menghapus aplikasi tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti System App Remover. Aplikasi ini bisa kamu install melalui tautan google play store berikut ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jumobile.manager.systemapp&hl=in

Namun kamu harus ketahui bahwa aplikasi ini membutuhkan akses rooting untuk dapat digunakan. Jadi harap untuk melakukan rooting terlebih dahulu untuk dapat menghapus aplikasi yang kamu tuju menggunakan System app remover ini.

Menghapus File Lama

Seiring kecanggihan hp Android, membuat beberapa orang memanfaatkan hp mereka sebagai flashdisk. Dikarenakan hp saat ini sebagian sudah support OTG dan beberapa fungsi konektivitas ke perangkat komputer. Sehingga beberapa orang menggunakan hp mereka untuk saling berbagi file satu sama lainnya. Ini tentu tidak ada yang salah. Namun hal seperti ini cenderung membuat mereka menjadi lupa untuk menghapus beberapa file yang tersimpan di perangkat mereka. Sehingga al hasil, penyimpan hp semakin menumpuk.

Ini mungkin tidak berpengaruh signfiikan, namun ini akan membuat beberapa thumbnails file yang gkamu dan beberapa pengguna cookies yang jika menumpuk kian lama akan semakin banyak. Jadi mulailah untuk mencari file-file apa saja yang tersimpan di HP Android kamu yang sudah tidak kamu gunakan lagi, kemudian menghapusnya.

Menghapus File Cache Aplikasi

Setiap aplikasi memiliki penggunaan file cache untuk menyimpan data sementara saat apliksi itu digunakan. Sayangnya file cache ini tidak terhapus secara otomatis setelah digunakan atau tidak lagi digunakan. Sehingga tidak jarang dari beberapa penggunaan yang cukup lama akan membuat aplikasi tertentu kapasitasnya semakin besar. Bahkan aplikasi seperti aplikasi pesan atau sosial media bisa menghasilkan file cache hingga ratusan Megabyte bahkan Gigabyte. Ini tentu akan memenuhi kapasitas penyimpan yang berdampak pada kinerja system operasi.

Maka dari itu, cobalah mulai mencari satu persatu aplikasi yang mungkin menggunakan banyak file cache dan dapat kamu hapus. Caranya arahkan ke "Settings" -> "Storage" -> "Cache Data".

Kemudian hapus. kamu juga bisa mencari satu persatu dari daftar aplikasi yang digunakan dari "Settings" -> "App Manager".

Itulah ketiga metode atau cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah hp android yang melambat atau istilahnya lagging. Ada banyak cara lainnya bisa kamu lakukan untuk mengatasi lagging, misalnya dengan melakukan flashing atau melakukan reset pabrik. Cara diluar ini, bisa kamu lihat pada artikel yang lainnya di situs ini.

0 Response to "Cara Mengatasi HP Android Yang Lambat (Lagging)"

Post a Comment